Daftar Layanan Jasa yang Merusak Data Trend Sebuah Konten Digital (Trust)

Halo temans, beberapa hari ini saya sering melihat beberapa layanan jasa yang menurut saya dapat merusak data trend product digital. Sekali lagi ini sih menurut saya, akbitanya beberapa case contoh kasus:

  1. Layanan Jasa Review (positif) akun Jualan | Akibat dari adanya layanan jasa review maka beberapa user visitor/buyer/pembeli dapat saja tertipu karena hanya melihat review dari user bayaran atau para seller/penjual yang menggunakan layanan jasa review. Selain itu, ini juga sangat merusak kepercayaan konsumen terhadap seller jika memang kondisi dari dar barang/procuk yang dijual tidak sesuai denga deskripsi pada sebuah toko online.
  2. Layanan Jasa Subscribe Akun (Youtube, Instagram, Facebook) | Mirip dengan kasus Layanan Jasa Review, Jasa subscribe akun youtube, instagram, facebook juga merusak data trend report. yang mulanya data user experience nya normal jika visitornya organik. Ketika seseorang menggunakan/membeli jasa subscribe maka datanya menjadi sulit untuk difilter. Artinya kita mesti 2 kali proses untuk melihat data yang sebearnya. Pertama data yang hasil review, kedua data yang benar-benar dari unique visitor (UV). 

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah data bisa kacau karena reviewer bayaran ini? 

Beberapa Caranya Mengatasinya Adalah:
  1. Berikan laporan ke Google/related network tergantung dimana layanan ini ada
  2. Peringatkan buyer/pembeli lain pada kolom komentar (Jika Anda tertipu juga)
  3. Sisalnya semoga para penyedia layanan jasa ini segera beralih menjual jasa yang lain saja. Jika memang layanan tersebut akhirnya merusak data/kepercayaan buyer kepada seller. 
Demikian menurut saya, mohon maaf ini bukan berarti saya menghalangi jalan rejeki orang ya. Tetapi ini murni opini saya. Jika tidak setuju ya gak papa silakan aja. Terimakasih

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *