SSD adalah Solid State Drive

SSD Adalah Solid State Drive

SSD atau solid-state drive merupakan sebuah terobosan teknologi baru yang dibuat untuk memberikan peningkatan performa transfer data. Teknologi ini sudah cukup lama, hanya mungkin sampai sekarang masih ada beberapa yang masih belum bisa menikmati device ini. Kenapa? Mungkin karena tidak tahu, atau kalau tahu juga beberapa orang tidak perlu/membutuhkan, atau juga karena memang harganya masih cukup belum terjangkau untuk semua orang.

Socket SSD Apa Aja?

Nah, ternyata tipe socket yang digunakan SSD juga ada banyak. Misalnya SSD M2, SSD NVME, SSD NGFF, SSD SATA (menggunakan konverter). Nah, mengapa demikian? Karena vendor dan device requirements juga macam-macam. 
Contoh simple, misalnya sekarang kamu punya Laptop tahun 2011 atau model lama, terus kalian mau upgrade HDD menjadi SSD. Kamu perlu cek kira-kira mana SSD yang cocok untuk laptop kamu, atau socket yang tersedia di motherboard laptop kamu. Umumnya, orang beli SSD dengan tipe SATA, SSD SATA maksudnya adalah SSD sudah di kemas dengan socket SATA sehingga kamu bisa pasang dengan mudah menggantikan posisi HDD di laptop. 

Contoh SSD Macbook Air 2015 (SSD NGFF)

SSD Macbook Air 2015

SSD NGFF

Mengapa kecepatan transfer SSD lebih bagus dari HDD? 

Simple nya gini aja, HDD atau Hardisk itu masih menggunakan piringan di dalamnya. Jadi setiap kali kita perlu membaca/menulis pada media HDD piringan akan bekerja (berputar) reading disk nya. Nah, di sinilah salah satu sebab laptop jadi boros baterai karena HDD menguras cukup banyak daya ketika memutar piringan. Selain itu, juga HDD rawan rusak ketika goncangan, jadi bayangkan kalau ada banyak data penting di dalamnya. Cukup beresiko sih, meskipun SSD juga punya resiko hilang data, tetapi rasionnya lebih kecil jika dibandingkan dengan HDD.
Ya kira-kira gitu lah, SSD Solid State Drive cenderung lebih stabil, hemat daya dan minim resiko ketika goncangan terjadi pada device. Saya sendiri udah pakai SSD sejak tahun 2015, karena performa beda jauh banget saat pakai HDD dan SSD. 
Jadi apa kamu tertarik pindah ke SSD? atau masih tetap bertahan dengan HDD? 
Tell me your opinion. Thank you

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *